Translate

Kamis, 26 April 2018

Tantangan Level 10 : Mari Mendongeng #5

Di usia 9 bulan ini, salah satu milestone perkembangan bahasa Alif adalah sudah mengerti beberapa instruksi sederhana. Contohnya, "Sayang Abi dulu Dek!". Alif pun langsung menyorongkan bibir dan wajahnya ke arah abinya hingga mendarat ke pipi sang abi. Contoh lainnya adalah, "Alif mau baca buku? Ambil bukunya Nak!" Alif kemudian mengambil satu buku yang paling dekat dengan jangkauannya.

Mulailah saya membacakan isinya sembari menunjuk gambar yang ada dalam buku, "Dikisahkan sebuan negeri bernama Babilonia....". Beberapa detik Alif bisa fokus memperhatikan apa yang saya lakukan. Selanjutnya? Terserah dia, hehe.

Alif biasanya membolak-balik halaman buku semau dia. Saat itulah kreativitas saya dalam mendongeng diuji. Misalnya ketika Alif membuka halaman tentang masa kanak-kanak Nabi Ibrahim, saya katakan "Nih Dek, Nabi Ibrahim main sama Abi dan Uminya. Alif biasanya main juga sama Abi dan Umi kan?"

Dalam sehari, saya dan abinya bisa membecakan 4 atau 5 buku pada Alif. Sampai-sampai kami hafal betul hampir semua isi buku Alif. Saking hafalnya ini, kami kadang bercerita dengan bahasa kami sendiri. Ternyata ini membuat kami semakin kreatif menyisipkan nilai-nilai kebaikan melalui cerita.

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

1 komentar:

waawaw mengatakan...

Great article! We will be linking to this great content on our website. Keep up the great writing.

cfb8
s128
wala meron
sabung ayam s128
bolavita
situs s128
link s128
apk s128
agen s128
judi sabung ayam
agen sabung ayam
sabung ayam online
tajen bali